Komitmen Rumah Jurnal LP2M UIN SMH Banten dalam Meningkatkan Kualitas Jurnal UIN SMH Banten

-

Komitmen Rumah Jurnal LP2M UIN SMH Banten dalam Meningkatkan Kualitas Jurnal UIN SMH Banten

Foto Bersama Tim Rumah Jurnal LP2M UIN SMH Banten dengan Bapak Ahmad Bahtiar, M,Hum pengelola Jurnal Ahkam (terindeks scopus) didampingi oleh KABAG T.U FSH UIN Jakarta Drs. Saroni.

Selasa (02/11/2021) Ketua Rumah Jurnal/Publikasi Imiah LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten kembali melakukan kunjungan ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  dalam rangka keseriusan peningkatan kualitas seluruh jurnal yang ada di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kheryadi, M.Pd selaku Ketua Rumah Jurnal/Publikasi Ilmiah LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten didampingi oleh Juhji, M.Pd (Pengelola Jurnal Dedikasi), Humaeroh, S.Ag., M.Pd (Pengelola Jurnal PSGA), serta Ahmad Habibi Syahid, M.A (Tim Ahli Jurnal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten) diterima dan disambut dengan baik oleh salah satu Editor Jurnal AHKAM Ahmad Bahtiar, M,Hum didampingi oleh KABAG T.U FSH Drs. Saroni.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi antar kedua lembaga. Pokok pembahasan utama dalam pertemuan tersebut adalah membahas mengenai bagaimana pengelolaan jurnal yang ideal agar terciptanya jurnal yang unggul. Banyaknya jurnal-jurnal berkualitas yang ada di UIN Jakarta salah satunya pada jurnal yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) diketahui memiliki satu jurnal yang baru saja terindeks scopus, yaitu Jurnal AHKAM Jurnal Ilmu Syariah. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sidang Lantai 2 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Ahmad Bahtiar mengucapkan “Selamat datang Bapak/Ibu tim jurnal dari LP2M UIN Banten. Lebih lanjut Ahmad Bahtiar menyampaikan “Kami mohon maaf jika dalam penyambutan dan pelayanan kami sebagai tuan rumah kurang memuaskan Bapak/Ibu sekalian. Semoga pertemuan ini berjalan dengan lancar”. Sementara itu Ketua Rumah Jurnal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Kheryadi, M.Pd dalam sambutannya menyampaiakan rasa terimakasih yang mendalam kepada FSH UIN Jakarta atas penerimaan kunjungan Tim Jurnal LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, “Kami sangat berterimakasih sudah diterima dengan baik, dan mudah-mudahan kami dapat menggali informasi terkait tips peningkatan mutu jurnal menuju terindeks scopus yang saat ini telah dilakukan oleh tim jurnal AHKAM, bagaimana bentuk support seluruh para pimpinan serta bagaimana menjalin kekompakan antar tim pengelola yang solid” ujar, Kheryadi.

Lebih lanjut Kheryadi menuturkan “Kami ingin belajar banyak langkah-langkah apa saja tips sukses agar terindeks scopus yang telah berhasil dicapai oleh jurnal AHKAM, nah ini yang mau kami gali ilmunya”. Selanjutnya, Ahmad Bahtiar merespon, menceritakan awal mula jurnal Ahkam terindeks scopus. “Editor-in-chief serta tim telah melakukan persiapan serius sekurang-kurangnya dalam dua tahun terakhir agar tembus scopus, prepare pemantapan dari tanggal 3 oktober dan alhamdulillah terindeks scopus pada bulan februari 2021. Mengutip dari ucapan Khamami Zada selaku editor-in-chief yang terbit di portal Kementerian Agama Republik Indonesia, “Langkah serius yang dilakukan jurnal Ahkam adalah memperluas jaringan reviewer dan penulis internasional di lima dunia agar jurnal Ahkam lebih terbuka dalam jaringan internasional”.Langkah berikutnya yang paling menentukan adalah menyeleksi dan memilih artikel-artikel yang memiliki substansi berbobot, novelty (kebaruan), dan standar bahasa Inggris yang tinggi berdasarkan hasil review secara konsisten dari editor Bahasa Inggris yang dimiliki Ahkam yang notabene jebolan perguruan tinggi ternama di mancanegara. Pola ini memastikan artikel-artikel yang akan diterbitkan memenuhi standar konten dan substansi yang dikehendaki Jurnal Ahkam. “Kita perluas reviewer dan penulis internasional agar Ahkam terkoneksi secara internasional. Seleksi artikel secara ketat pun dilakukan dengan fokus pada substansi dan bahasa,” tandasnya.

Bahtiar menceritakan Kembali “kami sarankan Ketika sudah submit ke scopus jangan banyak tanya kapan waktu diputuskannya diterima atau tidaknya, karena hal itu kurang disukai oleh tim dari scopus, kemudian, hal penting lain yang harus diperhatikan, pastikan sitasi pada artikel di jurnal bapak/ibu, karena itu jadi salah satu penilaian, upayakan full English pada artikel jurnalnya karena memudahkan untuk penyebarluaan artikelnya dan sesuaikan dengan Bahasa Inggris yang baik sesuai standar scopus, dan kelebihan dari jurnal AHKAM menurut penilai dari scopus bahwa jurnal AHKAM memiliki konsistensi dan kekkhasan pada focus dan scope”. Pungkasnya.

Kemudian tim dari LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menimpali dengan pertanyaan “jurnal kami, Al Qalam scope kajian nya terkait Islamic studies secara keseluruhan, contohnya scope nya adalah Islamic economic, Islamic law, Islamic education, dan sebagainya, apakah ada kesempatan untuk bisa terindeks di scopus?”
Bahtiar menjawab “bisa, kalo scope nya ga terfokus ke satu bidang, kajian ke satu wilayah saja contoh kajian keislaman di asia tenggara, seperti yang ada pada Jurnal Studia Islamika”, Jelas nya.
Selanjutnya, acara yang dilangsungkan di ruang sidang lantai 2 fakultas Syariah dan hukum dilanjutkan dengan sesi dialog dan sharing informasi. Pada kesempatan dialog dan sharing informasi tersebut, sejumlah rombongan dari tim jurnal LP2M UIN Sultan Maulanan Hasanuddin Banten menanyakan beberapa hal, utamanya berkaitan pengelolaan jurnal di FSH dan jurnal AHKAM. Acara sharing ini berlangsung cukup hangat dan banyak informasi yang didapat dari pengelola jurnal AHKAM. (LP2M UIN SMH Banten)

Foto pemberian cindera mata berupa plakat dari Rumah Jurnal LP2M UIN SMH Banten

 

Foto Diskusi peningkatan kualitas jurnal antara Pengelola Jurnah Ahkam dengan Tim Rumah Jurnal LP2M UIN SMH Banten di Ruang Sidang Lantai 2 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH)
Previous article
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita terbaru

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni Iriyadi, Statistical Anxiety from Gender Perspective of State Islamic Religious...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan Dakwah Hijrah Di Banten Gerakan dakwah hijrah berkembang di wilayah Provinsi...

Legal Protection of Crypto Asset Customers in Commodity Futures Trading Transactions in Indonesia

Reseacher: Ika Atikah, M.H. Crypto asset trading in Indonesia has become one of the assets of choice for customers and...

Penelitian Biologi dan Fisika Untuk Sertifikat Hak Paten

Tahun 2022 LP2M menganggarkan dua penelitian afirmatif untuk hak paten. Penelitian ini diberikan kepada Jurusan Biologi dan Fisika. Penelitian...

Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil.

Nama Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil. Tempat, Tanggal Lahir Kuningan, 12 Agustus 1980 Alamat rumah Komplek Grand Serang Asri Residence Blok L4, No....

Islamic Higher Education Financial Management

Islamic higher education responds to globalization in ASEAN (Choi, 2010). SIHE (the State Islamic University) definitely constructs more extended...

Wajib baca

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan...