Peningkatan Akreditasi Jurnal di UIN SMH Banten, LP2M Studi Banding Ke Jurnal UIN Jakarta

-

Suasana Pertemuan LP2M UIN Banten dengan Dekan dan Dosen FITK serta dengan Pengelola Jurnal IJEE, Ruang Sidang Lantai 2 FITK UIN Jakarta.

Seluruh Pimpinan dan Tenaga Ahli LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Rabu (27/10/2021) melakukan kunjungan ke FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi antar kedua lembaga. Yang menjadi pokok pembahasan utama dalam pertemuan tersebut adalah membahas mengenai bagaimana pengelolaan jurnal AlQalam dan jurnal lainnya di UIN SMH Banten meningkat akreditasinya dengan berkolaborasi bersama pengelola Indonesian Journal of English Education (IJEE) pengelolaan jurnal Pendidikan Bahasa Inggris bersama pengelola Indonesian Journal of English Education (IJEE) dan sejumlah dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FITK UIN Jakarta. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sidang Lantai 2 Fakultas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kunjungan LP2M UIN Banten yang dalukan oleh Dr. Hunainah, M.M selaku Ketua LP2M UIN Banten didampingi oleh Sekretaris LP2M Dr. Masykur, M. Hum, Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Dr. Yanwar Pribadi, M.A, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak Dr. Iin Ratna Sumirat, M.Hum, Ketua Rumah Jurnal LP2M Kheryadi, M.Pd dan Tenaga Ahli LP2M UIN Banten Juhji, M.Pd diterima dan disambut dengan baik oleh Dekan FITK Dr. Sururin, M.Ag didampingi oleh  Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Didin Nuruddin Hidayat, M.A., TESOL., Ph.D., Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Siti Nurul Azkiyah, M.Sc., Ph.D.,  Sekretaris Pendidikan Bahasa Inggris Zaharil Anasy, M.Hum, Pengelola Jurnal FITK Yazid Hady, M.Pd. dan Agus Sufyan, M.App.Ling. dosen PBI.

Dalam sambutannya Dekan FITK Dr. Sururin, M.Ag mengucapkan “Selamat datang Bapak/Ibu rombongan dari LP2M UIN Banten. Sebuah kehormatan bagi kami FITK UIN Jakarta dikunjungi Bapak/Ibu semua,” ucap Sururin,” ujar Sururin.

Lebih lanjut Sururin menyampaikan “Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penyambutan dan pelayanan kami sebagai tuan rumah kurang memuaskan Bapak/Ibu sekalian. Semoga pertemuan ini berjalan dengan lancar dan terjalin hubungan yang baik antara UIN jakarta dan UIN Banten utamanya upaya publikasi karya ilmiah. Kami siap berbagi informasi apa pun kepada bapak/Ibu, silakan tanyakan langsung kepada para ahlinya (pengelola IJEE).”

Sementara Ketua LP2M UIN SMH Banten Dr. Hunainah, M.M dalam sambutannya menyampaiakan rasa terimakasih yang mendalam kepada FITK UIN Jakarta atas penerimaan kunjungan LP2M UIN Banten, “Kami sangat tersanjung dengan sambutan yang luar biasa ini, “ ujar Hunainah.

“Kami ingin belajar ke temen-temen di sini (FITK UIN jakarta) sehingga cepat sekali progresnya gitu kan, nah ini yang mau kami timba ilmunya, padahal dulu UIN Jakarta sempat mengundang kami sebagai narasumber untuk pengelolaan jurnal. Kita ingin belajar triknya, kiatnya di sini apa sih yang bisa dilakukan agar bisa di level seperti di sini, tentunya dengan cara yang halal, dengan kaidah-kaidah akademik” tutupnya.

Selanjutnya, Siti Nurul Azkiyah menceritakan awal mula terbentuk dan berkembangnya IJEE FITK UIN Jakarta. “Bapak/Ibu, Sebenarnya cerita ujungnya banyak dipegang oleh Pak Didin, jadi saya mungkin akan menceritakan sejarah awal IJEE dimulai. IJEE dimulai pada tahun 2014, waktu itu Wadeknya almh. Bu Nurlena, jadi sudah cukup lama. Saya kira Bapak/Ibu yang mengelola jurnal juga sudah mengalami masa-masa yang sama gitu ya krisis artikel itu sudah jelas. Waktu itu saya ingat sekali untuk bisa menerbitkan artikel yang layak untuk dibaca itu proses editing yang kami lakukan itu sangat luar biasa, sementara waktu itu jumlah dosen yang bisa yang terlibat juga tidak banyak karena saat itu banyak teman-teman dosen sedang studi S3, termasuk Pak Didin. Tetapi semua proses kita kawal terutama dari sisi editing. Editing yang harus kita lakukan luar biasa, bahkan tidak jarang kita harus meng-edit grammarnya juga, karena memang itu semua tantangan jurnal di masa-masa awal. Tetapi, prinsip yang kita pegang adalah paper kita terbitkan adalah paper yang memang layak untuk diterbitkan. Jadi, kita mejaga kualtas dari papernya sehingga betul-betul kredibel,” jelas Siti Nurul Azkiyah.

Selanjutnya, acara yang dilangsungkan di ruang sidang lantai 2 fakultas dilanjutkan dengan sesi dialog dan sharing informasi. Pada kesempatan dialog dan sharing informasi tersebut, sejumlah rombongan dari LP2M UIN Banten menanyakan beberapa hal, utamanya berkaitan pengelolaan jurnal Pendidikan Bahasa Inggris bersama pengelola Indonesian Journal of English Education (IJEE) FITK UIN Jakarta. Acara sharing informasi ini berlangsung cukup hangat dan selesai menjelang kumandang azan ashar. (LP2M UIN Banten).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita terbaru

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni Iriyadi, Statistical Anxiety from Gender Perspective of State Islamic Religious...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan Dakwah Hijrah Di Banten Gerakan dakwah hijrah berkembang di wilayah Provinsi...

Legal Protection of Crypto Asset Customers in Commodity Futures Trading Transactions in Indonesia

Reseacher: Ika Atikah, M.H. Crypto asset trading in Indonesia has become one of the assets of choice for customers and...

Penelitian Biologi dan Fisika Untuk Sertifikat Hak Paten

Tahun 2022 LP2M menganggarkan dua penelitian afirmatif untuk hak paten. Penelitian ini diberikan kepada Jurusan Biologi dan Fisika. Penelitian...

Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil.

Nama Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil. Tempat, Tanggal Lahir Kuningan, 12 Agustus 1980 Alamat rumah Komplek Grand Serang Asri Residence Blok L4, No....

Islamic Higher Education Financial Management

Islamic higher education responds to globalization in ASEAN (Choi, 2010). SIHE (the State Islamic University) definitely constructs more extended...

Wajib baca

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan...