Rumah Jurnal Evaluasi Manajemen Editorial Jurnal Al-Qalam

-

Serang (12/01), Rumah Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan bedah Jurnal yang difokuskan pada Jurnal tertua di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, hal ini dilakukan dalam rangka evaluasi diri dan perbaikan pengelolaan jurnal Al-Qalam.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus Editor in Chief Jurnal Al-Qalam Mufti Ali, Ph.D, Ketua LP2M Dr. Hunainah, M.M. Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Dr. Ade Jaya Suryani, Wakil Dekan III Fada sekaligus Editor Jurnal Al-Qolam Dr. Helmy Faizi Bahrul Ulumi, M.Hum, Dr. Ade Fakih Kurniawan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Advisory Editorial Board Jurnal Al-Qalam Dr. Yanwar Pribadi, M.A. dan seluruh tim Rumah Jurnal.

Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh Ketua LP2M mengenai gambaran umum program LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten oleh Dr. Hunainah, M.M. Peningkatan reputasi jurnal yang ada di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten merupakan salah satu program kerja prioritas.

Selanjutnya Kheryadi, M.Pd. Selaku Ketua Rumah Jurnal LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang juga sekaligus Managing Editor Jurnal Al-Qalam memaparkan bagaimana proses editorial yang terjadi pada jurnal-jurnal yang ada di Lingkungan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tidak berjalan sesuai dengan proses editorial pada umumnya. Lebih fokus Kheryadi menyoroti soal konsistensi jumlah artikel di Jurnal Al-Qalam. “Seharusnya konsistensi jumlah artikel  dalam setiap terbitannya haruslah konsisten, dengan mengacu pada aturan penilaian akreditasi minimal 5 artikel, ditemukan dalam Jurnal Al-Qalam jumlah artikel yang tidak konsisten ada yang berjumlah 7, 5, dan 4 artikel. Padahal konsistensi itu penting dalam penilaian akreditasi jurnal.” Lebih lanjut Kheryadi menuturkan bahwa ada artikel yang sudah diterbitkan hanya berjumlah 4 artikel saja, tentunya hal itu di bawah standar minimal jumlah artikel dalam penilaian akreditasi.

Mengingat Jurnal Al-Qalam akan habis masa akreditasinya (Sinta 3) yang akan berakhir pada pertengahan tahun ini.

Sertifikat Akreditasi Jurnal Al-Qalam

Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan untuk mereakreditasi kembali Jurnal Al-Qalam sebagai jurnal tertua di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Harapan kedepan perlu ada tindakan preventif dalam upaya pengelolaan seluruh jurnal-jurnal yang ada di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, sejatinya jurnal yang ada memiliki potensi yang bagus untuk ditingkatkan kualitas akreditasinya seperti Jurnal Kawalu yang terindeks Sinta 3, namun sayang pengelolaan terhenti pada tahun 2019, pungkas Kheryadi.

Dr. Helmy Faizi Bahrul Ulumi, M.Hum Wakil Dekan III Fada yang juga menjadi salah Editor Jurnal Kawalu  menambahkan bahwa salah satu alasan yang menjadi penyebab terhentinya pengelolaan Jurnal Kawalu karena dipangkasnya anggaran pengelolaan jurnal tersebut dengan alasan Jurnal Kawalu dalam naungan Bantenologi yang notabene diluar struktural lembaga kampus. Oleh karena itu pengelola Jurnal Kawalu menyerahkan selanjutnya jurnal ini dalam naungan LP2M, sehingga dapat ter-support secara anggaran.

Dr. Yanwar Pribadi, M.A. yang juga hadir dalam acara tersebut turut memberi saran dan komentar. Kawalu pada tahun 2016 dahulu punya program writing competitiom dari berbagai kalangan, sehingga terjaringlah artikel yang berkualitas untuk didistribusikan ke Jurnal Kawalu. Al-Qalam perlu mengadakan program serupa untuk mengumpulkan artikel. Diperlukan dana sekitar Rp. 50 juta untuk mengapresiasi sebagai hadiah kepada para penulis. Hasilnya, artikel-artikel ini bisa untuk 2 atau 3 edisi. Juara 1, 2, dan 3 berturut-turut mendapat 10, 7, 5 juta kemudian masing-masing 2 juta untuk 14 pemenang terbaik, ujarnya.

Selain writing competition adakan juga conference dengan dana yang dimiliki UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, seharusnya kampus bisa melakukannya. Buat desain poster sbagus-bagusnya untuk menarik dan mengundang penulis terbaik dari segala penjuru dunia untuk berpartisipasi, tentunya ini akan meningkatkan kualitas jurnal maupun kualitas akademik kampus. Lebih lanjut Yanwar membuka opsi untuk bekerja sama dengan UIII karena UIII akan mendatangkan Profesor dari University of Edinbrugh Skotlandia. “Saya akan mencari waktu untuk menghadirkan mereka dalam seminar/ pembicara konferensi di UIN Banten.” Pungkasnya.

Kemudian Mufti Ali, Ph.D selaku Editor in Chief Jurnal Al-Qalam dan juga sebagai Wakil Rektor I mengamini semua masukan-masukan yang telah disampaikan di atas. Dirinya akan terus berkomitmen berjuang bersama seluruh pengelola jurnal yang ada di lingkungan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. “Saya bersedia mencari artikel dari teman-teman yang ada di luar negeri untuk dikirim ke Jurnal Al-Qalam” ujarnya.

Selain itu Mufti Ali Juga akan menyapaikan hasil ini ke Rektor selaku pimpinan untuk dapat di dukukung secara anggaran dan untuk urusan teknis pengelolaan semua kita percayakan pada semua pengelola jurnal yang ada di lingkungan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten untuk meningkatkan reputasi seluruh jurnal yang ada. Hasil evaluasi dan bedah jurnal ini diharapkan menghasilkan rencana tindak lanjut beberapa inisatif program guna peningkatan dan perbaikan agar harapan peningkatan reputasi jurnal ini dapat terealisasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita terbaru

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni Iriyadi, Statistical Anxiety from Gender Perspective of State Islamic Religious...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan Dakwah Hijrah Di Banten Gerakan dakwah hijrah berkembang di wilayah Provinsi...

Legal Protection of Crypto Asset Customers in Commodity Futures Trading Transactions in Indonesia

Reseacher: Ika Atikah, M.H. Crypto asset trading in Indonesia has become one of the assets of choice for customers and...

Penelitian Biologi dan Fisika Untuk Sertifikat Hak Paten

Tahun 2022 LP2M menganggarkan dua penelitian afirmatif untuk hak paten. Penelitian ini diberikan kepada Jurusan Biologi dan Fisika. Penelitian...

Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil.

Nama Dr. Iffan Ahmad Gufron, S.Fil.I., M.Phil. Tempat, Tanggal Lahir Kuningan, 12 Agustus 1980 Alamat rumah Komplek Grand Serang Asri Residence Blok L4, No....

Islamic Higher Education Financial Management

Islamic higher education responds to globalization in ASEAN (Choi, 2010). SIHE (the State Islamic University) definitely constructs more extended...

Wajib baca

Pengumuman Lomba Artikel Jurnal Alqalam, Kawalu, Studi Gender dan Anak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemenang Lomba Artikel Jurnal Studi Gender dan Anak Deni...

Gerakan Dakwah Hijrah dan Pergeseran Otoritas Keagamaan di Komunitas Hijrah di Banten

Peneliti: Dr. Umdatul Hasanah, M.Ag. & Fahma Islami, M.Si. Gerakan...